Implementasi Manajemen Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas: Systematic Literature Review

Authors

  • Yohana Kifli Universitas Sangga Buana YPKP
  • Dety Mulyanti Universitas Sangga Buana YPKP

DOI:

https://doi.org/10.61740/jcp2s.v2i1.19

Keywords:

Implementasi, Manajemen Pelayanan Kesehatan, Puskesmas

Abstract

Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) sebagi salah satu sarana pelayanan kesehatan masyarakat yang amat penting di Indonesia. Pelayanan kesehatan merupakan segala upaya dan kegiatan pencegahan dan pengobatan penyakit. Semua upaya dan kegiatan meningkatkan dan memulihkan kesehatan yang dilakukan oleh petugas kesehatan dalam mencapai masyarakat yang sehat. Tujuan dari literature review ini untuk mengetahui bagaimana implementasi manajemen pelayanan kesehatan di Puskesmas. Literature yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menetapkan artikel yang sesuai kriteria inklusi. Data base yang digunakan yaitu Google Scholar. Tahun publikasi sumber literature yang diambil yaitu 5 tahun terakhir antara tahun 2017 sampai dengan 2022, Sumber literature menggunakan bahasa Inggris atau Indonesia.  Hasil 5 artikel diperoleh bahwa implementasi manajemen pelayanan puskesmas dengan mengimplementasikan Sistem Infromasi Manajemen Puskesmas (SIMPUS), memberikan pelayanan kesehatan gratis dan membuat inovasi e-health. Dapat disimpulkan bahwa masyarakat sebagai sasaran utama dari pencapaian tujuan implementasi kebijakan pelayanan kesehatan. Puskemas juga memiliki peran sangat strategis dalam mempercepat peningkatan derajat kesehatan masyarakat. Sehingga dalam implementasi manajemen pelayanan kesehatan yaitu dengan memuaskan harapan dan derajat kebutuhan masyarakat melalui pelayanan yang efektif oleh pemberi pelayanan yang juga akan memberikan kepuasan dalam harapan dan kebutuhan pemberi pelayanan yang efisien. Puskesmas juga memperhatikan serta meningkatkan kualitas layanan serta selalu mengimplementasikan program dan mengevaluasi setiap kegiatan maupun layanan kesehatan masyarakat. Selain itu juga perlu meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan yang menunjuk pada tingkat kesempurnaan kepuasan pelayanan kesehatan pada pasien.

References

Bappenas, K. P. (2018). Penguatan Pelayanan Kesehatan Dasar Di Puskesmas, Jakarta.

Damopolii, R. V. (2017). Implementasi Kebijakan Pemerintah Daerah dalam Pelayanan Kesehatan Masyarakat (Studi di Kecamatan Kotamobagu Selatan Kota Kotamobagu). Politico: Jurnal Ilmu Politik

Depkes RI. (2018). Pedoman Penilaian Kinerja Puskesmas. Jakarta: Direktorat Jenderal Bina Kesehatan Masyarakat.

Fauzan, A., Chotimah, I. & Hidana, R. (2019). Implementasi Program Indonesia Sehat Dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) Di Puskesmas Mulyaharja Kota Bogor Tahun 2018. Jurnal Promotor

Hafizh, D.A. (2017). Inovasi Pelayanan Publik; Studi Deskriptif tentang Penerapan Layanan e-Health dalam meningkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Pucangsewu Kota Surabaya. Jurnal Kebijakan Dan Manajemen Publik

Kemenkes RI. (2018). Buku Saku Pelayanan Kesehatan Ibu Di fasilitas Kesehatan Dasar dan Rujukan. Jakarta: Kemenkes RI.

Moenir. (2013). Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: PT BumiAksara

Noor, A. Y., Ainy, N. (2022). Evaluasi Implementasi Sistem Informasi Manajemen Puskesmas (SIMPUS) Terintegrasi di Kulonprogo Yogyakarta. Jurnal Kebidanan

Nursalam. (2015). Manajemen Keperawatan Aplikasi Dalam Praktik Keperawatan Profesional Edisi 3. Jakarta : Salemba Medika.

Rachman,M.T., Syahida, N.P., Isnaini, Y. (2019). Implementasi Sistem Informasi Administrasi Dalam Peningkatan Pelayanan Kesehatan Pada Puskesmas Bayan. JIAP (Jurnal Ilmu Administrasi Publik)

Saputra J. (2017). Studi Deskriptif Sanitasi Kantin dan Failitas Sanitasi Dasar di Lingkungan Sekolah Dasar Pada Wilayah Kerja Puskesmas Ungaran Kecamatan Ungaran Barat. Kabupaten Semarang

Sianipar. (2014). Manajemen Pelayanan Masyarakat, LAN.Jakarta

Suryoputro, A.M.Z, Arso, S.P. (2021). Analisis Implementasi Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan Di Puskesmas Guntur I Kabupaten Demak. JKM (Jurnal Kesehatan Masyarakat) Cendekia Utama

Suwarni. (2013). Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan dan Tingkat Kepuasan Pasien di Poliklinik Swasta Rumah Sakit Kanker Dharmais Tahun 2013. Jakarta Barat.

Umar Fahmi Achmadi. (2014). Kesehatan Masyarakat Teori Dan Aplikasi. Jakarta. PT Rajagrafindo Persada.

Wadia, H. (2019). Fetal Outcome Pada Ibu Hamil Sebagai Perokok Pasif Di Wilayah Kerja Puskesmas Tanjung Karang. Doctoral dissertation. Universitas Muhammadiyah Mataram

Wulandari & Erawati. (2016). Buku Ajar Keperawatan Anak. Yogyakarta : Pustaka pelaja

Yani, A. (2018). Pemanfaatan Teknologi Dalam Bidang Kesehatan Masyarakat. Promot Jurnal Kesehatan Masyarakat

Downloads

Published

2023-04-19

How to Cite

Yohana Kifli, & Dety Mulyanti. (2023). Implementasi Manajemen Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas: Systematic Literature Review. Journal Clinical Pharmacy and Pharmaceutical Science, 2(1), 31–41. https://doi.org/10.61740/jcp2s.v2i1.19